bloom

flash

Friday, August 26, 2016

BACKPACKER DAN FLASHPACKER, SAYA APA YA?????


Sebelumnya tak pernah bermimpi bakal melangkahkan kaki keluar jauh dari kota tercintaku Palembang, apalagi sampai bermimpi untuk berjalan keluar negeri. Tapi nasib bisa berkata lain, puji syukur sejauh ini saya sudah bisa melangkahkan kaki ke beberapa kota di Indonesia, dan mulai meninggalkan jejak kaki keluar negeri.
Sejauh ini saya sudah mulai bergabung dengan beberapa komunitas traveller di Indonesia, dan di kota Palembang khususnya. Dari beberapa sumber dan yang saya baca dan pelajari, ada 3 ciri traveller.

Pertama traveller yang betul-betul turis, type ini pejalan yang tidak mau repot-repot dan sepenuhnya ingin duduk manis langsung jalan tanpa repot-repot mengatur itineray, booking hotel dan lain-lainnya, dan menyerahkan semuanya kepada biro perjalanan.

Kedua backpacker, traveller ini akan mengatur segala perjalanannya dengan mandiri, mem-press budget seminim mungking, dan rela untuk capek agar dana dan perjalanan dapat seefisien mungkin, misalnya numpang tidur di masjid, di stasiun, apapun yang dapat memperkecil anggaran, dan backpacker ini biasanya tidak terbatas waktu atau mempunyai cuti yang waktunya lumayan bisa panjang.

Itulah perbedaan yang paling extrem diantara turis dan backpacker.

SAYA APA YA???

Dari sekilas pembahasan diatas, kita dapat menentukan type traveller apa yang kita anut. Tapi kok saya ngerasa tidak sama antara kedua type tadi??
1. Apakah Anda suka jalan-jalan? ya iyalah mas, ini blog apa #eh
2. Apakah Anda tidak punya cuti panjang atau hanya punya sedikit masa cuti?
3. Apakah Anda ingin perjalanan anda tetap dapat mengekplorasi beberapa tempat dengan waktu terbatas?
4. Apakah Anda tak masalah jika harus keluar biaya lebih, asal dapat sampai tujuan dengan cepat?
5. Apakah Anda lebih memilih hotel berbintang jika terpaksa karena tidak ada lagi hotel murah daripada harus menginap di tempat yang gratis tapi kurang nyaman?

Jika jawaban anda adalah IYA, berarti anda termasuk dalam salah satu traveller type FLASHPACKER, type ini adalah titik tengah dari turis dan backpacker. Ya, ada jalan tengah dari turis dan backpacker, para flashpacker biasanya lebih beroriented kepada pengalaman, dan akan membuat waktu yang singkat menjadi seefisen mungkin dan tidak terlalu bermasalah bilamana harus sedikit mengocek kantong untuk dapat mencapai tujuan.

Misalnya ke Palembang - Jakarta, kalau backpacker lebih suka mencoba tantangan dengan menaiki bus, atas mencoba naik kereta dan lanjut dengan transportasi massal yang rentang waktunya bisa memakan satu hari. Flashpacker sudah barang tentu akan lebih memilih melalui jalur udara, yang cuma 1 jam.

Berdasarkan ciri-ciri dari flashpacker, kebanyakan dari traveller ini adalah karyawan yang tidak punya banyak waktu libur. So, kamu termasuk type apa :)



1 comments:

  1. Lah, Kalo aku dari semua poin iya,cuma poin nomor 4 dan 5 is no no. Mehong soalnya , Kalo gitu aku apa dong?#gantiantanya

    ReplyDelete