bloom

flash

Thursday, December 8, 2016

TIPS MEMANFAATKAN KARTU KREDIT UNTUK TRAVELLER : Menaikkan Limit dan Mendapatkan Kartu Kredit Bank Lain


Suka jalan-jalan? Sudah punya kartu kredit?
Sumber sini
Jika jawabanya iya berarti anda punya peluang untuk menaikkan limit dengan cepat dan juga peluang untuk mendapatkan kartu kredit lain juga lebih besar. Tahukah anda hobi anda travelling itu akan sangat memudahkan anda untuk mendapatkan kartu kredit lain atau menaikkan limit anda dengan lebih cepat. Dengan kartu kredit yang anda pegang ---mau donk mas dipegang #skip* sekarang anda bisa memanfaatkan untuk banyak hal, bahkan mendapatkan tiket gratis.


Sumber sini
Pada catatan sebelumnya aku pernah membagikan cara memanfaatkan kartu kredit dan berhemat disini. Masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan kartu serbaguna ini. Pada dasarnya kebanyakan pengguna kartu kredit memanfaatkan kartu ini hanya untuk mendapatkan program cicilan di merchant-merchant tertentu, padahal akan lebih baik kalau malah tidak menggunakan program ini.

Berikut akan saya coba paparkan beberapa tips agar kartu kredit anda lebih cepat naik limit dan agar lebih mudah untuk meng-apply kartu kredit lain:

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Sumber sini

Pihak bank ini adalah lembaga yang benar-benar mengedepankan unsur “trust” atau kepercayaaan. Jangankan pihak bank, dengan teman atau keluarga saja kalau kita lambat atau susah bayar pasti orang akan jera atau kapok untuk meminjami lagi. Malah mungkin persahabatan juga rusak ---pengalaman ya mas*. Demikian pula pihak bank, semakin lancar pembayaran kita, pihak bank akan mempercayai kita ketika kita mencoba untk mengajukan kenaikan limit, tentunya dengan pertimbangan seberapa banyak pendapatan kita perbulan.

Hindari Transaksi Cicilan

Sumber sini

Meskipun kartu kredit lebih disukai karena banyaknya program cicilan, tidak disarankan untuk terlalu sering menggunakannya untuk program ini. Kita andaikan saja, ketika kita berhutang dengan orang lain, disaat hutang lama masih ada tidak mungkin orang mau meminjamkan lagi yang baru. Demikian pula mungkin bagi pihak bank, mereka pastinya lebih selektif untuk menambahkan limit kepada pemakai kartu kreditnya. Banyaknya hutang cicilan juga akan mempersulit kita untuk mengajukan pinjaman lain seperti KPR, kredit mobil dan lain sebagainya.

Bayar Tagihan secara Full
Sumber sini

Ketika kita membayar tagihan kartu kredit jangan jangan jangan jangan jangan jangan jangan JANGAN membayar minimum tagihan. Kalau jumlah tagihan kita kecil tidak terlalu bermasalah, tapi kalau jumlah tagihannya lumayan besar, kita akan terjebak dengan bunga berjalan sejumlah tagihan yang tercetak bulan itu. Besarnya bunga tiap bank bervariasi, tetapi sama saja merugikan bagi kita. Sebenarnya bukan salah pihak bank, kita sudah meminjam ya harus bisa bertanggung jawab membayar ---seperti diriku mas, kamu harus tanggung jawab #big no*.

Pola pembayaran kita juga akan menjadi penilaian pihak analist bank, semakian baik dan lancar pola pembayaran kita, semakin baik dimata pihak bank. Selalu usahakan untuk membayar tiap tagihan bulanan secara full. Hal ini juga akan membatasi kita agar tidak over limit, belanjakan sesuai kemampuan kita, jangan memaksakan cinta keadaan. Memegang kartu kredit ini ujiannya besar, salah-salah kita akan terjerat hutang berkepanjangan kalau tidak bisa me-manage keuangan.

Perbanyak Transaksi Kartu Kredit di Luar Negeri

Sumber sini
Kalau kita sering keluar negeri, mulailah perbanyak transaksi gesek kartu kredit disana. Jumlah yang dibelanjakan tidak harus besar. Dulu ketika belum mampu untuk mendapatkan mu travelling, saya suka menitipkan kartu kredit kepada teman yang kebetulan akan bepergian keluar negeri ---inget ya mas yang dititipkan harus amanah seperti aku #what*. Setiap menitipkan kartu kredit, temanku saya gratiskan memakainya sebesar seratus ribuan, dengan senang hati temanku membawanya.

Cara diatas mungkin terlihat merugikan kita, tapi kalau kita tidak mampu atau tidak sempat banyak keluar negeri sesekali tak apalah melakukannya. Dengan adanya transaksi di luar kota apalagi diluar negeri, catatan pemakaian kartu kredit kita akan mendapatkan nilai tambah dimata pihak bank. Apalagi kalau kita sendiri yang memang sering keluar negeri, geseklah sesering mungkin, ingat ya tidak harus banyak. Aku paling sering menggunakan kartu kredit di bandara ketika menunggu jodoh untuk penerbangan, dan jumlahnya tidak melebihi seratus ribuan rupiah.

Gunakan Kartu Kredit untuk Bisnis Ticketing

Sumber sini
Disaat membeli tiket online, payment yang paling sering dilakukan adalah transfer ATM atau menggunakan Kartu Kredit. Kalau kita sering membeli tiket melalui kartu kredit, ada baiknya mulai menjadi member website maskapai. Fyi, maskapai yang paling low fare di negeri tetangga punya program untuk tiket lebih murah saat  mendekati sebulan atau dua bulan sebelum berangkat. Harga yang ditawarkan pun sangat murah, bisa dua kali lebih murah. Tentunya kita harus menjadi member dulu dan mempunyai point.

Point bisa kita dapatkan ketika kita melakukan transaksi pembelian tiket dan sudah menjadi member. Program ini akan lebih murah jika kita membeli tiket secara keroyokan, maksudnya beli lebih dari satu ---terus gimana mas cara jualannya?. Tentunya kalau mau mengambil untung kita harus mempromosikan harga yang murah tersebut, dan ambillah sedikit keuntungan. Jangan menaikkan harga terlalu tinggi.

Sumber sini
Dengan cara ini kita sudah mendapatkan dua keuntungan, pertama catatan transaksi kartu kredit kita menjadi lebih baik, kedua tentunya kita mendapatkan keuntungan setidaknya dapat satu tiket gratis. Biasnya ketika cara-cara diatas sudah kita jalankan, pihak bank lain akan mencoba menawarkan kartu kreditnya kepada kita.

Demikianlah tadi beberapa tips bagi pemegang kartu kredit, khususnya untuk traveller.


Dont stop dreaming, because everything comes from dream.

1 comments: