bloom

flash

Monday, January 2, 2017

5 HAL PERLU DILAKUKAN UNTUK MEMBUAT BETAH DI KANTOR


Mempunyai gaji yang lumayan cukup untuk kebutuhan --termasuk cukup untuk shopping, cukup jalan-jalan keluar negeri* dan dengan waktu kerja yang masih fleksibel untuk tetap bisa bersosialisasi di dunia luar selain dunia kerja mungkin menjadi impian kebanyakan orang yang terpaksa terdampar di dunia kantoran. Disaat kita sudah memasuki dunia kantor, banyak sekali gesekan-gesekan dan benturan yang membuat kita terkadang stress bila sudah masuk kerja.

Sumber sini
Tak dapat dipungkiri, sebetah apapun anda di dunia kantoran di suatu instansi atau perusahaan, pada akhirnya kita pasti terpikir untuk mempunyai usaha sendiri atau mencari suasana baru. Tapi bila anda termasuk orang yang terjebak di dunia kerja kantoran seperti saya –model contohnya kayak ga ada yang lain* mau tak mau kita harus membuat suasana di dunia kerja menjadi kondusif dan se-enjoyable mungkin.


Sumber sini
Berikut mungkin hal yang mungkin berguna untuk diperhatikan di dunia kerja untuk membuat anda sedikit lebih betah di posisi anda sekarang, inilah tips dari saya yang cuma remah roti ini:

DATANG TEPAT WAKTU
Sumber sini
Suka atau tidak ketika kita memutuskan untuk bekerja di perusahaan atau usaha pribadi orang lain, kita harus bersikaf profesional. Salah satunya adalah dengan selalu on time atau tepat waktu--sebaiknya sih agak lebih cepet dikit*. Selain akan membuat kita lebih terlihat profesional, sifat dan kebiasaan ini juga membangun pribadi kita untuk lebih disiplin. Tak ada orang yang sukses tanpa kedisiplinan dan kerja keras.

JAGA HUBUNGAN DENGAN  ATASAN
Ada role yang sangat jelas kalau kita berada dibawah management kantor atau badan usaha pribadi, boss is always right. Meskipun terkesan otoriter dan tidak bisa diterima, inilah faktanya, kalau tidak suka dengan atasan kita atau tidak selalu seide atau anda merasa kurang nyaman bila atasan anda di sekitar anda, sebaiknya segera mencari pacar pekerjaan baru tempat lain.

Sumber sini
Ketenangan dan rasa nyaman dalam bekerja juga menjadi faktor pendukung kestabilan kinerja kita. Saya pribadi tidak akan berlama-lama kerja jika harus menanggung stress atau istilah kerennya “makan hati” disaat kerja --cukup ditinggal pacar saja buat sakit hati*. Cobalah untuk selalu membangun komunikasi yang baik dengan atasan, karena kebanyakan dari pekerjaan kita pasti membutuhkan persetujuannya.

Sumber sini
Justru dengan hubungan yang baik dengan atasan atau boss kita akan membuat suasana kerja yang baik dan lebih enjoy. Sebaliknya kalau sudah tidak suka dengan atasan kita, setiap hari akan terasa berat melangkah untuk bekerja. Jangan sampai anda menjadi salah satu orang yang selalu menahan stress berlebih setiap hari.

JADIKAN PARTNER KANTOR SEBAGAI TEMAN
Setelah komunikasi yang baik dengan atasan, tentunya kita juga harus menjaga hubungan pribadi yang baik dengan teman sejawat, apalagi yang satu ruangan atau satu divisi. Tentunya yang anda temui di tiap jam dan setiap waktu adalah teman sejawat anda, kalau komunikasi dua arah tidak baik, akan berpengaruh juga dengan aktivitas kerja anda. 

Sumber sini

Hindari bersitegang ketika terdapat masalah dalam kerja, sudah menjadi hal yang lumrah kalau terdapat kesalahan dalam pekerjaan, selagi masih bisa ditangani dan diperbaiki lebih baik mencari solusi bersama. Selalu tanam pada diri sendiri pola untuk tidak menyalahkan orang lain ketika terdapat masalah. 

Sumber sini

Ketika sedang berada di luar kantor, segera lupakan kalau anda dan teman anda adalah rekan kerja. Cobalah untuk meluangkan waktu bersama di luar jam kerja, hadiri acara atau pesta pribadinya. Meskipun tidak selalu sependapat dan tidak seide, usahakan menyampaikan setiap perkara dengan bahasa yang baik dan halus.

JAUHI PENCARI MUKA DI KANTOR
Ada satu tipikal yang sepertinya selalu ditemui di setiap kantor atau usaha pribadi lain. Tipikal ini termasuk makhluk yang tidak mau ditemui atau merupakan orang terakhir di muka bumi ini yang ingin kita jumpai. Tipe ini adalah “pencari muka” --kesian ya muka aja dicari, beli topeng keles*, sebaiknya jangan mencari masalah dengan orang ini.
Sumber sini

Hakikat dalam bekerja adalah mencari rezeki yang halal untuk memenuhi kebutuhan dan masa depan yang baik --uhuk, ini menurut saya* saya bukan tipe yang ingin kelihatan bagus di depan atasan padahal kinerja zonk. Kalaupun sampai bertemu dengan orang yang suka mencari muka di depan atasan atau boss, itu haknya selagi tidak mengganggu proses kerja saya.
Sumber sini

Terkadang, tanpa disadari kita juga akan melakukan hal yang diinginkan tersebut, kadang tanpa sadar kita juga ingin terlihat baik di depan atasan. Ada batas wajar untuk hal ini, akan tetapi lebih diutamakan adalah kinerja kita, hasil yang bisa kita tunjukkan pada atasan kita. Lebih baik menyibukkan diri untuk dengan pekerjaan daripada sekedar mendapat penilaian yang belum tentu menguntungkan dan membawa manfaat yang baik kita.

PATUHI PERATURAN

Sumber sini

Dimana bumi dipijak disana langit dijunjung, istilahnya dimanapun anda berada, patuhilah peraturan dan tatacara yang sudah diberlakukan. Kurang lebih seperti kita bertamu ke rumah orang lain, tentu ada tatacara dan peraturannya. Tidak mungkin kita akan berbuat sesuka hati seperti kita berada di ruangan pribadi kita --yang ada pasti kena usir*.

Demikian juga di dunia kerja, kita harus selalu ingat kalau kita ini berada di lingkungan kerja yang bersinggungan dengan orang lain dan sistem. Peraturan tiap-tiap perusahaan tidaklah selalu sama, tergantung jam kerja, bidang usaha, dan lingkungan kerja. Jika anda mau bertahan dan memang masih berniat kerja, selalu patuhi peraturan yang sudah ditetapkan perusahaan atau instansi tempat anda bekerja. 

Sumber sini
Demikian tadi beberapa tips dari saya yang bukan siapa-siapa ini, bukan orang penting, bukan pengamat politik apalagi pengamat presiden #eh. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk semua pembaca yang sedang berada di kantor, mall, toko atau dimanapun anda bekerja. Ada satu point lagi yang tidak harus saya jelaskan panjang lebar, cobalah untuk selalu mensyukuri yang sudah kita dapatkan.

Dont stop dreaming, because everything comes from dream.

2 comments:

  1. Pacaran sama boss atau teman kantor juga boleh.

    Mending muka tembem daripada muka tabokan.

    ReplyDelete