bloom

flash

Sunday, January 22, 2017

BEBERAPA TEMPAT YANG INGIN KUDATANGI DI KASHMIR, INDIA


Ketika saya memberi tahu teman-teman bahwa aku akan pergi ke India dalam waktu yang tak lama lagi, tak sedikit cibiran dari teman-teman --sabar mas sabar*. “Ngapain harus ke India sih, dah jorok, ga aman, macet, crowded” begitu rata-rata yang kudengar. Well, mungkin tak salah ya banyak paradigma yang berfikir seperti tadi, mengingat banyaknya berita kekerasan terhadap wanita dan pengalaman-pengalaman teman-teman yang pernah kesana.

Sumber gambar sini

Dalam beberapa bulan ini saya coba bertanya-tanya dan mencari informasi seputar India, tentunya untuk mempermudah ketika kami disana nanti. Tetap ada pro dan kontra tentang India, tapi hati ini masih tetap ingin bersamamu dek, eh bukan bukan. Dengan banyaknya cibiran dan warning dari teman-teman, saya tetap membeli tiket dari Kuala Lumpur ke Delhi.


Kenapa India? Why why why
Karena sejak kecil saya sudah dicekoki film-film India, dan saya juga sudah terpesona dengan India. Betapa tidak, film-film India sering menampilkan background-background tempat yang indah dalam nyanyiannya.

Apa aja yang mau dicoba disana?
Ehmm....untuk kesana nanti sepertinya saya mau mencoba menu-menu khas disana, mencoba pakaian tradisional prianya seperti kurta, dan mencoba berbaur dengan masyarakat sekitarnya. Intinya aku bisa dibilang sudah tergila-gila dengan India, begitu banyak koleksi lagu India yang tersimpan di laptop mahalku --sombong awal kehancuran loh*.

Ladoo, manisan khas India (sumber gambar sini)
Tak usah ditanya sebesar apa cintaku pada India, hampir semua lagu-lagu India aku tahu, penyanyinya, pemain filmnya. Bahkan teman-teman di sosial mediaku seperti facebook banyak berasa dari India --tapi tetap lebih besar cintaku padamu dek :D*. Sejak kecil aku sudah bermimpi untuk ke India, India is one of my bucket lists.

Setelah bertanya dengan teman-teman dari India di sosial media saya meyakinkan diri untuk kesana, fyi teman-teman di facebook itu sudah berteman rata-rata lebih dari 5 tahun dan kami berkomunikasi tak cuma lewat facebook tapi juga media lainnya seperti whatsapp, wechat, line, imo dan lain sebaganya.

Tujuan utama kesana pastinya untuk melihat Taj Mahal dan berfoto disana :D, bukti cinta raja Shah Jahan kepada istri yang dicintainya yaitu ratu Mumtaz Mahal. Sejak kecil juga aku sudah terobsesi dengan keajaiban dunia versi lama. Dan tentunya melihat-lihat di Delhi dan melihat sendiri sungai Gangga yang dikenal sebagai sungai suci di India.

Suatu hari ketika sibuk memamerkan tiketku ke Delhi --ehmmm tetap sombong*, temanku yang juga maniak India sepertiku bertanya kami ke Kashmir tidak. Kashmir, ngapain kesana, kan ga aman? Apa yang yang menarik kataku, coba deh googling GULMARG,wowwwwwwww emejing, langsung tanpa ba bi bu aku mencari lebih tahu lagi tentang Kashmir.

Dengan minimnya cutiku, akhirnya aku putuskan untuk lebih fokus ke Kashmir setelah melihat keindahan alamnya di berbagai media online. Delhi, Mumbai, Kolkata, Kerala dan lainnya akan kuhampiri lain kali *amin. Setelah melihat-lihat dan bertanya pada teman-teman di India, dan yakin kalau kesana nanti aman, aku yakinkan diriku yang tampan ini untuk ke Kashmir –siapkan ember muntah*. Untuk mencapai Kashmir bisa langsung terbang dari Delhi menuju Srinagar atau naik bus, dan beberapa tempat yang ingin kudatangi disana adalah sebagai berikut:

DAL  LAKE

Sumber Gambar sini
 Dal lake menjadi tempat pertama yang ingin kukunjungi disana nanti, setelah melihat artis kesayanganku PZ (panggilan fans untuk Preity Zinta) di video clip di salah satu filmnya bersama Duggu (panggilan untuk Hrithik Roshan) di film Mission Kashmir dalam video clip yang berjudul Chupke Se Sun. Aku jadi bermimpi untuk mencoba shikara (perahu khusus di Kashmir) dan menyusuri danau Dal ini seperti di filmnya :D. 


Saat di Dal Lake, kebanyakan dari tourist akan mencoba untuk menginap di House Boat, rumah kapal yang banyak disewakan diatas Dal Lake. Akupun pasti mau mencoba ini, dan harga yang ditawarkan juga beragam. Pokoknya kudu wajib harus kesini buatku --kalau bisa mengajakmu juga dek :D*.

GULMARG

Sumber gambar sini
 Tak perlu panjang lebar kujelaskan tentang Gulmarg, buka google aja, eh bukan bukan, maksudnya liat saja gambar yang kulampirkan. Melihatnya saja sudah buat speechles. Tak banyak orang tahu kalau ternyata India juga bersalju, ya tepatnya di Kashmir. Datang saja pada Februari sampai April, rasakan indahnya suasana di Kashmir --berasa jadi duta pariwasata Kashmir :D*.

SONAMARG

Sumber gambar sini
Sonamarg juga merupakan destinasi yang kudu didatangi kalau lagi di Kashmir, pegunungan yang Indah, bunga-bunga yang bermekaran (asal pas bulannya) bakalan buat betah rasanya buat kesana. Gambarnya saja sudah menggoda iman buat kesana, dan ini merupakan salah satu destinasi yang akan saya datangi di trip perdana nanti kesana April ini.

PAHALGAM

Sumber gambar sini

Siap-siap jadi pangeran berkuda seperti di film Chori Chori Chupke Chupke (Salman Khan, Rani Mukherjee dan PZ) uhlala #eh. Pahalgam menawarkan nuansa pegunungan yang sejuk dan indah, kalau kesini cobalah untuk berkuda.

LEH LADAKH
Sumber gambar sini
Pada awalnya aku tidak terlalu tahu mengenai Leh Ladakh, setelah melihat di film 3 Idiots film yang dimainkan oleh Aamir Khan yang salah satu scenenya menampilkan Leh Ladakh di sesi terakhir, wow mataku tak berenti melihat keindahan Leh Ladakh, pokoknya wajib deh kesini, sayangnya untuk trip perdana nanti aku belum sempat kesana #kodeKeras.

TULIP GARDEN DAN MUGHAL GARDEN

Tulip Garden (sumber gambar sini)
 
Mughal Garden (sumber gambar sini)
Tahukan kamu kalau taman tulip terbesar di dunia terdapat di India?
Yups di Kashmir ada taman tulip dan juga taman mughal yang sering menjadi destinasi favorit turis yang kebetulan sedang berlibur kesana. Inipun menjadi tujuan yang harus kudatangi.

Demikian tadi destinasi di Kashmir, India yang harus kudatangi, kemungkinan bakal nambah lagi listnya :D.

Dont stop dreaming because everything comes from dream.

9 comments:

  1. Mupeng juga mang peri. Walau aku bukan maniak film india, tetap negeri india uhlala jadi wishlist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjakelah mang, dak nyesel ke kashmir

      Delete
  2. Lemakla yang nak ke Kashmir.

    Baru tahu aku kalo film Chori Chori Chupke Chupke di Pahalgam <3

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengeran bekuda mang haha, men disanonyo dak tau wkwkkw

      Delete
  3. Enjoy yr trip Fer! :)
    Aku juga pengen banget bisa ke India....dianya unik ya karena begitulah India :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, india is my biggest dream :)

      Delete
  4. Baiklah.. Aku ga ke khasmir mas feri nigam ga ke ladakh.. Nanti kita tukar cerita yah.. Hehehe.. Kabar2xi cara bikin visanya yah mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ada mbak di blog www.omnduut.com,lengkap banget cara pengajuan visa india, pasti setiap moment dan perjalanan di india bakal aku ceritakan disini 😁

      Delete
  5. Alhamdulilah sudah kesini dua kali.

    seoga segera bisa melihat huru hara hore di India segera, aamiin

    ReplyDelete