bloom

flash

Thursday, January 19, 2017

Sebelum Travel Bareng, Kenali Dulu Beberapa Tipe Travelmate Berikut


Tak bisa dipungkiri, pergi travelling bersama-sama baik itu teman, sahabat maupun pacar bagi sebagian orang masih lebih asik kebanding harus solo travelling. Becanda bareng, ke tempat asik bareng, mandi bareng #eh, intinya kalau dah bareng-bareng semuanya lebih asik dijalan. Banyak banget sisi positif yang menguntungkan kalau sudah pergi jalan-jalan bareng teman-teman.



Pernah aku beberapa kali trip bareng teman-teman ke beberapa daerah di Indonesia dan diluar negeri --ini bukan nyombong ya hehe*. Dan aku cukup menikmati pergi bareng-bareng orang lain, baik teman maupun baru dikenal. Selain ada yang diajak ngobrol ketika dijalan, budget juga bisa di-press agar lebih murah, tentunya dengan sharing cost :D.


Asik banget ya pegi bareng-bareng gitu, dah pengeluaran lebih murah, momentnya juga dapat rame-rame. Ini cerita indahnya loh ya, banyak juga cerita horrornya --duh itu jalan apa uji nyali*. Ketika bertemu travelmate yang buat perjalanan jadi ga enjoy, mending mikir-mikir dulu buat jalan bareng lagi.

Berikut ini aku yang ganteng ini --siapin ember muntah* akan mencoba membagikan beberapa tipe travelmate sejauh yang pernah kualami selama dijalan, check it out.

TRAVELMATE YANG MANDIRI
 
Sumber gambar sini

Sebelum kita bepergian, tentunya banyak yang mesti dipersiapkan mulai dari tiket, booking hotel sampai itineray. Tipe travelmate pertama ini sangat cocok untuk diajak pergi bersama-sama --sekalian kalau bisa jadi jodoh juga :D*. Travelmate yang mandiri akan mempersiapkan sendiri embel-embel seperti tiket dan booking hotel.

Tipe yang mandiri ini akan enak diajak untuk berunding tentang segala rencana liburan yang akan dikunjungi nantinya. Biasanya tipe travelmate satu ini sudah expert pengalaman pikniknya, apalagi kalau kita tergolong nebie sebaiknya pilih yang ini aja hehe. Biasanya travelmate satu ini juga tidak keberatan untuk membantu kita ketika mengalami kesulitan dijalan. Well, sangat rekomen kan dijadikan teman bepergian, seperti saya :D.

TRAVELMATE YANG TERLALU NARSIS
Sah-sah saja kalau kita mau mengabadikan tempat-tempat baru yang belum pernah kita kunjungi. Apalagi kalau tempanya tergolong instagramable. Sayapun termasuk orang yang senang menyimpan kenangan melalui foto dengan kamera saya yang baru #ups. Selagi masih normal dan tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berfoto-foto aku rasa sih tak masalah. 


Sumber gambar sini
Lain halnya kalau sudah ketemu dengan travelmate yang suka narsis berlebih, setiap titik spot terdekat ingin difoto. Parahnya, kalau kita yang menjadi sasaran untuk diminta tolong tukang fotoin. Sebaiknya kalau ketemu travelmate yang seperti ini boleh sedikit ditegur, apalagi kalau perginya rame-rame. Jangan sampai gara-gara satu orang menghambat yang lain dan wasting time cuma di satu tempat saja.

TRAVELMATE YANG TERIMA BERES
Teman perjalanan berikutnya adalah contoh yang (mungkin) belum pernah travelling, atau tidak punya kemampuan untuk mengurus semuanya sendiri --sepertinya lebih ke males*. Selagi kita mampu untuk menghandle dan punya kemampuan serta alat-alat penunjang seperti kartu kredit dan alat pembayaran lainnya serta punya pengalaman lebih banyak tak apalah sekali-kali.

Sumber gambar sini
Ciri travelmate ini biasanya duduk manis dan mengikuti apa saja yang kita usulkan. Positifnya kita bisa mengatur apa saja tempat-tempat yang ingin kita datangi dan memilih dimana harus tinggal dan proses lainnya sesuka hati kita hahaha --tertawa kejam ala-ala ratu jahat*. Selagi dia mau mengkuti rute dan aturan kita sih ok ok saja.

TRAVELMATE YANG PILIH-PILIH DAN TUKANG COMPLAIN
Berikutnya adalah penyebab HORROR dalam perjalanan bersama-sama. Sebagai backpacker tentunya kita akan berupaya untuk membuat budget agar semurah mungkin. Ada kalanya kita mendapatkan tempat penginapan yang menurut kita masih lumayan nyaman dan murah. Di saat datang ke tempatnya, travelmate kita tadi malah complain merasa tidak nyaman dan tidak cocok dengan dia.

Ini reaksi kalau dapat travelmate horror (sumber gambar sini)
Parahnya lagi kalau travelmate ini adalah gabungan dari yang maunya terima beres, kartu kredit tinggal pinjem, minta kita booking tiket, itinerary kita yang atur. Ketika sampai dia duduk manis tidak mau bantu nanya-nanya ke warga lokal dan kalau dapat hotel yang tidak sesuai baginya dia complain dan minta pindah. Travelmate yang seperti ini enaknya ajak duduk santai dan ngobrol ringan di pinggir laut atau sungai, terus jorokin --sabar mas sabar*. Pokoknya kalau sudah pernah ketemu yang seperti ini dijamin anda akan kapok mengajaknya lagi.

Demikianlah tadi beberapa tipe travelmate yang bisa saya jabarkan, kamu termasuk yang mana?

Dont stop dreaming because everything comes from dream.

4 comments:

  1. Dapet travelmate tipet terakhir itu emang cocok dibenyukbenyukin ke air.

    ReplyDelete
  2. Apolagi yang dari awal lah nyebelin haha

    ReplyDelete
  3. makanya aku lebih sering solo traveler karena gak mau drama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Travel drama seru jugo hahaha
      Asal jangan travelmatenyo cak yg terakhir

      Delete