bloom

flash

Wednesday, February 15, 2017

COWOK KOK SUKA BOLLYWOOD?




Sumber gambar sini
Bollywood? Why bollywood
Kok nontonnya bollywood sih kayak nggak ada film lain aja! Ini rata-rata balasan teman-teman kalau kuajak nonton bareng  film bollywood, ya bollywood Industri perfilman India.

Banyak teman-temanku yang ketika baru kukenal agak shocked ketika pertama kali melihatku mendengar lagu-lagu bollywood atau memutar video-video dari film bollywood , mungkin karena aku muternya sambil joget-joget kali --ya iyalah, gubrak*.


Ketika aku masih kecil, jaman masih paling imut di rumah #huek, dulu film-film India sering ditayangkan di Televisi. Sekarang pun malah tambah sering, tapi bedanya yang banyak ditayangkan di TV sekarang adalah sinetron-sinetronnya. Jujur aku tidak terlalu suka menonton sinetron-sinetron yang panjang dan kebanyakan ceritanya alay --please no bully*.

Sejak menonton film-film seperti Ramayana di tahun 90an, aku mulai menyukai perfilman India --ketahuan ya angkatan tahun berapa*. Karena seringnya menonton film India dan mendengarkan lagu-lagunya aku jadi termasuk salah satu pencinta film dan lagu-lagu bollywood. Kegemaranku di bollywood ini juga sangat konsisten, sampai sekarang aku tetap menyukai bollywood, bahkan aku sempat ikut di sanggar tari India di kotaku Palembang.

Ketika zaman putih abu-abu, aku rajin mendengarkan radio ketika acaranya tentang bollywood. Dari sini aku bertemu banyak teman-teman yang sama-sama menyukai lagu-lagu dan film India. dan ketika itu film India sedang digemari dan banyak diputar di layar kaca maupun layar lebar. Tentunya aku menjadi lebih banyak lagi pengetahuan dan teman bollywood lovers di jaman ini.

Ketika masa kuliah, perfilman bollywood sudah tidak terlalu sering lagi diputar di bioskop, bahkan hampir tak pernah diputar di beberapa kota di Indonesia. Dan di Palembang juga termasuk yang sangat sangat sangat jarang memutarkan film India. Tapi karena kecanggihan teknologi ya masih banyak cara untuk mendapatkanmu #eh. Kita masih bisa menonton lewat situs video online seperti youtube secara streaming atau dari situs-situs khusus film.

Ketika masih ikut sanggar
Sampai sekarang masih saja ada teman-temanku yang suka mengolok-olok hobiku menonton dan mendengar lagu India. Pernah temanku di masa kuliah berkata, “dulu jaman kita kuliah mbak sempat illfeel loh pertama-tama lihat kamu seneng India”. Loh? Apa ada yang salah ya? Ntah apa yang ada di benak kawanku itu --tanya aja sendiri*.

Daripada pusing mendengarkan omongan fans, eh omongan orang lain yang sinis kenapa suka bollywood, saya lebih memilih menunjukkan kenapa perfilman bollywood tetap maju dan banyak peminatnya. Berikut beberapa hal tentang bollywood yang membuatku dan pencinta bollywood lainnya tetap betah dan setia :

Genre Film yang Bervariasi
 
Sumber gambar sini
Film India terkenal bisa mengajak emosi para penontonnya untuk ikut merasakan yang terjadi dalam film yang ditonton. Selain film yang menguras air mata, perfilman bollywood juga sudah banyak berkembang genrenya, dari komedi, action, horror dan lain-lainnya. Jalan ceritanya juga semakin mengikuti perkembangan zaman. Jadi kalau ada yang berkata film India cuma main di pohon-pohon aja, mungkin perlu cuci mata dulu yang bersih, itu tahun berapa nontonnya --sabar toh mas*.

Mempertahankan Budaya dan Ciri Khas
Dalam film India kalau tak ada nyanyian dan tarian itu ibarat ketek tanpa deodoran, rasanya kurang pas, bagaikan aku tanpa kamu. Lagu dan tarian merupakan ciri khas dari perfilman bollywood yang sudah turun temurun dan tetap di lestarikan dalam perfilmannya. Terkadang ada beberapa film yang tidak menampilkan lagu dan tarian dalam film India.

Sumber gambar sini
Meskipun lagu dan tarian ini yang banyak membuat penonton kita bosan dan jenuh, justru inilah budaya yang masih dipertahankan bollywood. Dengan semakin majunya zaman, India tetap mempertahankan budaya yang ditampilkan dalam film yang akan diliat banyak negara lain. Dan tentunya lagu dan tarian inilah yang tetap membuat penggemarnya tetap menyukai film India, contohnya saya yang tampan ini --boleh muntah kalau mau*.

View Background yang Indah

Sumber gambar sini

Dalam nyanyian dan tarian di film bollywood, sebagai pelengkap tarian yang indah dan nyanyian yang merdu, selalu ditampilkan latar pemandangan yang memanjakan mata. Banyak yang berfikir kalau kebanyakan tempat-tempat yang indah dan bagus tersebut rata-rata dari luar India. Memang tak salah, karena India kerap memakai set di negara lain dalam video lagu-lagunya. Akan tetapi ternyata tempat-tempat yang indah nan elok itu juga banyak mengambil set di dalam negerinya sendiri. Contohnya di Kashmir, Jaipur dan Rajasthan dan lain-lain.

Di salah satu filmnya Salman Khan yang berjudul “Bajrangi Bhaijaan” nampak jelas pemandangan batas negara India dan Pakistan di Kahsmir. Disaat scene terakhir diperlihatkan betapa indahnya Kashmir, rasanya ingin sekali aku bisa mendatangi tempat terindah di India tersebut. Tak cuma kashmir, lihat saja film-film karya Sanjay Leela Bhansali kalau mau melihat kota India secara lebih historical dan lebih dalam.

Aktor dan Aktris Tercantik dan Tertampan Di Dunia


Tak dapat dipungkiri, salah satu daya tarik film India atau bollywood adalah pemainnya yang super tampan --seperti saya :D* dan cantik. Dalam tiap penobatan pria tertampan nama-nama aktor pria India seperti Salman Khan, Sharukh Khan, Hrithik Roshan dan lainnya kerap masuk. Pun demikian aktris wanitanya seperti Depika Padukone, Priyanka Chopra dan lainnya, selalu ada dari India yang masuk kategori wanita tercantik di Dunia. Bahkan mantan Miss World Aishwarya Bachan pernah dinobatkan sebagai wanita tercantik di Dunia. Anyway pemain bollywood yang paling kugemari adalah Preity Zinta, Salman Khan, Varun Dhawan dan Sonam Kapoor --ga ada yang nanya sih*.

Preity Zinta (sumber gambar sini)
Selain wajah yang cantik nan rupawan, aktor dan aktris India juga memiliki badan yang bisa dibilang sempurna. Yang pria berotot dan yang wanita langsing dan indah merupakan pemandangan yang banyak kita liat di film bollywood. Tentunya hal ini juga menambah daya pikat penonton lebih betah nonton berlama-lama --contohnya pasti penulis sendiri*.

Efek dan Media Visual yang Canggih
Kalau ada yang berkata film India itu kampungan dan norak, sebaiknya segera cuci otak dan banyak-banyak liat film India --sabar toh mas*. Film-film India sekarang visual dan efek yang ditampilkan sudah bisa disejajarkan dengan film-filam action Hollywood. Betapa tidak, coba deh liat-liat beberapa trailer film yang saya bagikan dibawah ini. 




Dari contoh-contoh film diatas, bisa dilihat semaju apa perkembangan film-film India sekarang, sayangnya tak banyak lagi diputar di bioskop-bioskop di beberapa kota di Indonesia. Well masih berfikir film India kampungan?

Penyanyi Multi Genre
Tak lengkap rasanya kalau menonton film India tanpa nyanyian, ada fakta unik yang kuperhatikan dalam segi nyanyiannya, lebih tepatnya penyanyinya. Dalam setiap penyanyi, rata-rata bisa menyanyikan lagu-lagu dalam genre yang bervariasi. Misalnya Sonu Nigam atau Arijit Singh, mereka lebih dikenal piawai dalam menyanyikan lagu bergenre pop.

Sonu Nigam (sumber gambar sini)
Dalam lagu-lagu lain seperti R&B, Hindi, Rock dan lain-lainnya, ternyata mereka juga sangat pas membawakannya. Demikian juga penyanyi wanitanya seperti Shreya Ghosal, Palak Muchal, Sunidhi Chauhan dan lain-lainnya, mereka juga sangat merdu menyanyikan lagu dalam genre yang berbeda-beda.

Demikian beberapa hal dari bollywood yang membuat penonton tetap suka dan memajukan perfilm-annya di kanca internasional. Semoga pefilman Indonesia kelak bisa semaju bollywood dan diputar di banyak negara di dunia. Stop bertanya kenapa cowok suka bollywood.

Dont stop dreaming because everything comes from dream.

14 comments:

  1. apa yang ada dalam otak saya sudah kakang tulis. Okeh lanjutkan! 😊
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali hehe
      I know what u feel

      Delete
  2. Duh Om Feri klo ngobrol sama India sama aku mungkin bisa begadang tujuh malam haha. Yah walau dibuli sama lingkungan tapi mereka menaruh topi sama aku yang demen sama India. Secara nggak langsung aku juga ngasih informasi penting tentang perfilman dan budaya India. Jadi duta film India ceritanya wkwkw. Ah masa bodoh apa orang kata yang penting sukak. Lha wong sampai konsernya SRK di Bogor aja aku jabanin datang hhahaha.

    Klo dengerin lagunya Arijit Singh suka deg deg syer hehe.

    Btw komen untuk URL dibuka dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ketemu blogger kece yang seneng india juga, eh kalau ngobrolin sonu nigam nyambug jg kan wkwkwkaka

      Ntar tak utak atik dulu komen url gimana, nyari info di mbah google dulu

      Delete
  3. Replies
    1. sama kang mas, sejak liat ra one bener-bener jadi kagum sama perfilman bollywood

      Delete
  4. Nah itu dio si Nigam, baru lihat mukonyo hahaha. Hidup India!

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah akoooorrrrr nak download banyak film india ini

      Delete
  5. Film Ra One keren tuh. Aku nggak anti India tapi juga gak maniak kali, Kalo ada ditonton. Kalo gak, ya paling ganti yang ada aja #hahaha Oia, tapi aku sangat suka lagu India #pemberitauan #hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidup india hahahahaha
      aku jg ga semua ditonton mbak, yang bagus aja

      Delete
  6. Jae na na na.....


    Tum hi ho..

    Itu duo lagu yang aku inget sekarang.

    ReplyDelete
  7. Dulu waktu zaman ABG suka dengan film bollywood, lantaran memang tontonannya waktu itu belum banyak pilihan. Kalau sekarang, pilih-pilih juga nonton film dari India. Cari yang bagus benar. Soalnya kadang suka bete kalau di tengah film dimasukin lagu-lagu gitu. hehehe

    ReplyDelete
  8. Waah ternyata kita sama,,, sejak kecil suka bollywood. Film2ku pun kebanyakaj download film India 😂😂😂 curhat deh. Pokoknya mujhe Bollywood Lovers 😘😘😘😍😍

    ReplyDelete