bloom

flash

Thursday, February 9, 2017

TIPS BELANJA ONLINE DENGAN AMAN DAN NYAMAN



Ketika Online Shopping sudah menjadi kebutuhan, perlu dengan bijak dan seksama untuk memilah-milah situs mana atau perangkat mana yang perlu digunakan untuk belanja tersebut. Dengan tipikalku yang ramah, santun dan baik hati #huekk,  aku ini paling males kalau harus belanja nawar-nawar dan berkotor-kotor ria dan berdesak-desakan pas belanja --kecuali berdesak-desakan sama kamu :D*.

Sumber gamabar sini
Untuk mengatasi kemalesan dan keribetanku tadi, belanja online adalah solusinya. Cepat, nggak ribet, banyak pilihan dan harga bersaing. Tapi selain nilai plus tadi, banyak juga kejadian tak mengenakkan dalam online shopping ini, untungnya saya yang tampan ini tidak pernah mengalaminya --siapin wadah muntah :D*.

Dari berbagai cerita enak ataupun tidaknya, aku mulai melihat-lihat bagaimana cara belanja yang lebih aman dan nyaman agar lebih memudahkan kita. Tanpa panjang lebar mungkin beberapa tips dari saya yang cuma remah-remah roti gabing ini bisa bermanfaat, berikut yang perlu diperhatikan dalam belanja online:

Jangan Mudah Tergoda Barang Murah
Siapa sih yang tak mau dapat barang yang murah dan bagus, banyak sekali bertebaran barang-barang murah yang ditawarkan di situs jual beli online. Sebagai pembeli kita mesti pintar-pintar untuk memilih barang yang ditawarkan dengan harga miring, jangan langsung mudah terperdaya karena wajah yang rupawan dan rayuan manjah --mas mas ini bahas apa ya*.

Sumber gambar sini

Sebelum mengklik tombol beli pada barang yang dirasa sangat murah, perhatikan dengan seksama spesifikasi barang tersebut. Misalkan seperti pakaian, perhatikan dengan seksama dari bahan apa, ukuran apa dan liat komen-komen dibawahnya jika ada. Lain pakaian, lain lagi gadget atau alat elektronik. Seperti temanku baru-baru ini --ehmmmmm ada teman juga* ketika di situs lazadut sedang murah dia membeli sebuah playstation 2 dengan harga yang sangat miring. Setelah sampai ternyata kualitas gambar pada layar TV tidak sama dengan PS 2 pada umumnya.

Ada lagi temanku yang tergiur handphone murah dari sebuah situs online, ini harus lebih hati-hati lagi loh gaessss. Meskpun tipe handphone dan merk sama, bisa jadi perangkat di dalamnya berbeda, mulai dari ram, hdd internal,  dan lain sebagainya. Liat dengan seksama spesifikasi yang tertera pada tiap produk.

Periksa Web Belanja Online Dengan Seksama

Sumber gambar sini
 Saat ini sudah banyak web belanja online di internet, sebaiknya belanja di web-web yang sudah terpercaya dan supplier yang banyak pemakainya. Belanja online rentan penipuan jika kita belanja di situs-situs yang belum banyak direkomendasikan atau jarang terdengar. Sudah banyak sekali berita penipuan pembelian di internet, kita sendiri yang harus lebih smart dalam berbelanja di dunia daring ini.

Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Sumber gambar sini

Ketika sudah pada tahan pembayaran, biasanya banyak sekali metode pembayaran yang disediakan situs belanja online. Usahakan menggunakan metode pembayaran yang sekali pakai seperti membayar di minimarket atau menggunakan kartu kredit.

Jangan Simpan User dan Kartu Kredit Otomatis di Laman

Sumber gambar sini

Jangan sekali-kali menyimpan user id atau kartu kredit otomatis pada situs web belanja online, meskipun sedikit repot ketika mau berbelanja lagi. Lebih baik sedikit repot untuk mengetik ulang data-data kartu kredit ketimbang kehilangan banyak uang karena hacker. Waspada lebih baik daripada penyesalan yang tak pernah datang tepat waktu.

Ajak COD Jika Tempat Penjualan Dekat dengan Lokasi Anda
Cash on Delivery sebenarnya dalam arti sebenarnya adalah bayar di tempat ketika barang datang. Melihat masa depan kita berdua #eh, pada masa sekarang COD sendiri banyak diartikan sebagai ketemuan langsung antara pembeli dan penjual untuk bertransaksi dan dari ketemuan ini akan berlanjut kesepakatan. Pastikan untuk menyimpan data si penjual seperti KTP atau SIM dan dokumen lain yang bisa dijadikan pegangan bilamana barang yang dibeli nanti kedepannya terdapat masalah.

Sumber gambar sini
Cara ini terbilang lebih efektif, karena kita bisa ketemu langsung terus siapa tahu berlanjut dan berjodoh #eh. Selain dapat bertemu langsung antara pembeli dan penjual, si pembeli juga langsung dapat memeriksa keadaan barang ditempat. Pastikan untuk sama-sama mencapai kesepakatan dan sama-sama mengemukakan syarat dan ketentuan jual beli.

Periksa Lagi Sebelum Melanjutkan Transaksi
Setelah mengisi semua data dan memilih metode pembayaran yang diinginkan, ada baiknya untuk kembali me-review semua data yang sudah diisikan tadi sekali lagi. Baru-baru ini saya memesan tiket penerbangan secara online untuk tanteku, semua sudah selesai dan e-ticket sudah dikirimkan melalui emailku. Setelah kucek lagi, semua data benar termasuk tanggal dan jam keberangkatan. TAPI setelah aku baca lagi di bagian nama ternyata gelarnya MR --sejak kapan tanteku ganti kelamin*.

Sumber gambar sini
Berasa dapat tamparan keras dari mantan setelah aku liat kesalahan data itu. Itu baru hal kecil ya gaess, bisa jadi kalau kita kurang teliti malah jumlah harga yang tertera berubah dan kita tidak memperhatikan. Intinya kita harus lebih mengecek lagi sebelum menekan tombol bayar dengan yakin --seyakin cintaku padamu D:*

Amankan Komputer atau Handphone Anda
Sumber gambar sini

Penting bagi komputer atau gadget yang sering anda pakai untuk selalu secure dengan menambahkan antivirus atau malware agar tidak mudah bagi hacker atau virus membobol pc atau handphone kita. Selalu update antivirus secara berkala karena virus juga berkembang setiap saat, jangan sampai menyesal terlambat, karena yang terlambat biasanya membuat gusar seperti datang bulan #skip.

Demikian tadi beberapa tips aman belanja online dari saya yang tidak ganteng ini, semoga bermanfaat dan memberikan faedah bagi kita semua.

Dont stop dreaming because everything comes from dream.

7 comments:

  1. wah, manjah sekali mas feri..

    manjah pake ulala

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas kali, enak donk uhlala manjah

      Delete
  2. Menarik blog nya,. tips nya sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Yak..mulai window shopping online deeh..bahayaa :D

    ReplyDelete
  4. Jarang sekali kalau mau beli barang fisik via online. Kecuali kalau harganya murang banget. Tapi murah sekali jadi ragu mau belinya.

    ReplyDelete