bloom

flash

Tuesday, April 4, 2017

APA SAJA YANG DIPERLUKAN UNTUK PENGAJUAN E-TOURIST VISA INDIA SECARA ONLINE


Beberapa hari yang lalu, E-Tourist Visa (E-TV) atau E-Visa Indiaku sudah granted, horeeeeee teriakku girang, negara impianku akan segera kudatangi. Setelah sempat terkena virus H2C (harap-harap cemas) menunggu kepastian darimu #loh. Setelah aku selesai dengan visaku yang sudah berstatus granted --diulang lagi biar jelas :D*, selanjutnya aku membuatkan untuk teman-temanku yang juga akan pergi bersama-sama untuk April 2017 ini.
Halaman awal situs visa online India

Dengan arahan dari teman bloggerku Yayan atau kami lebih sering memanggilnya dengan sebutan blognya, omnduut, membuat proses peng-apply-an visaku jadi lebih mudah. Beliau memberikan langkah-langkah pengisian visa dengan sangat lengkap dan terperinci. Setelah mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh blognya, akupun sukses mendapatkan visa perdanaku hehe.


Keesokan harinya, aku juga membantu beberapa temanku yang rencananya akan ngebolang bareng ke India. Kembali, pembuatan visanya juga sukses dan tanpa mengalami hambatan apapun. Teman-teman yang di kota lain juga mengatakan hal yang sama, tidak hambatan atau halangan apapun. Ternyata proses pembuatan E-Visa India memang tergolong sangat mudah dan cepat. Dan yang mempermudah pembuatanya bisa disambung bila kita ada keperluan mendadak, asalkan  Application ID sementaranya kita simpan.

Setelah hampir seminggu pembuatan, jadilah selesai 16 visa dalam seminggu --borongan shay :D*, ya rencanya nanti kami akan bepergian dengan jumlah sebanyak 16 orang. Dan dalam proses peng-apply-an visa, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut yang mesti kita siapkan dalam proses apply visa india:

Pertama, Perhatikan Situs Resminya
Beberapa hari lalu, setelah melihat visa pertamaku yang kusebarkan di hampir seluruh sosial mediaku --norak banget ya haha*. Ada seorang teman dari facebook-ku yang ternyata akan ke India juga tak jauh beda harinya denganku. Beliau kemudian menelponku dan bertanya beberapa hal tentang pengisiannya. Semuanya lancar sampai ke pengisian terakhir.

Ketika memasuki halaman pembayaran, beliau bertanya berapa biaya yang kami bayar. Biaya yang kami bayarkan adalah 49.2$. “Kok saya bayarnya harus 125$ ya mas?”, saya bilang mungkin sistemnya sedang gangguan, kusuruh beliau untuk mencoba berkala, karena pengisian visa ini sampai ke pembaran bisa disambung kembali.

Menjelang malam si mba ini menelpon lagi, mungkin kangen pikirku --biasa aja ya reaksi bacanya:D*. Masih saja biayanya tetap seharga 125 US dollar, kok begitu ya pikirku. Kata beliau lagi sampai ada telpon dari India nanyain ada kendala dimana. Loh, kok spesial banget ya? Aku sudah 16 kali buat tidak ada tuh telpon masuk buat ngebantu apalagi dari India, kan buat baper #eh.

Akhirnya aku berinisiatif untuk minta Application ID-nya, dan kucoba buka di komputerku, gagal. Kutanya lagi bener atau nggak kodenya. “Bener kok mas”, kok tetap gagal ya pikirku. Tak berapa lama beliau memberikanku situnya. Duaarrrr ternyata situs yang beliau buka ini travel agent, dengan nama yang sangat sangat sangat mirip, pantas saja harganya naik tinggi banget dan ga bisa kubuka di situs resmi. Situs resminya ada di https://indianvisaonline.gov.in/visa/index.html, jangan sampai salah ya pemirsa, salah-salah malah bakal membayar berlipat-lipat.

Kedua, Siapkan Waktu 15 sampai 30 menit.
Pengisian Visa India ini tidak akan mengambil banyak waktumu kisanak, yang kubutuhkan adalah waktumu buat aku --what the f.... *. Tidak butuh berlama-lama dan menyiapkan waktu khusus untuk mengisi E-Tourist Visa online ini, cukup 15 sampai 30 menit loh. Aku membuatkan visa sepupuku di selah-selah jam istirahat kerja hehe. Jadi silahkan waktu 30 menitmu untuk mengisi data dan melakukan pembayaran, cuma 30 menit kok bisa ditemanin dengan ngopi dan snack, ga pake lama, ga pake digantungin kayak bertahun-tahun pacaran ga nikah nikah :D.

Ketiga, Siapkan Kartu Keluarga
Sebelum mengisi sebenarnya, saya membaca dulu di blog temanku tadi, banyak data-data tentang pribadi maupun data lainnya. Dari sekian pertanyaan yang harus diisi, ada data tentang keluarga, lah aku langsung baperlah, kan aku belum berkeluarga, sakit loh diginiin sama situs online.

Data yang ditanyakan tentang keluarga adalah nama orang tua, data kelahiran mereka dan ada beberapa lagi data yang tercantum di Kartu Keluarga kita. Untuk lebih mempermudah sebaiknya pas mau mengisi siapkan fotocopy-annya kalau-kalau dibutuhkan dan ketika membuat kita tidak berada di rumah.

Keempat, Isi dengan Teliti dan Rechek
Perhatikan dengan baik apa-apa yang harus diisi dengan baik, ketika selesai mengisi kita akan disuruh untuk mengecek kembali semua data yang sudah kita isi. Tak ada salahnya untuk double check, namanya juga manusia, terkadang sering khilaf dan kurang teliti. Jangan sampai salah mengisinya. Setelah yakin dan sudah dicek sekali lagi semuanya, barulah kita melakukan pembayaran.

Kelima, Pilih Metode Pembayaran yang Aman
Ketika pada tahap pembayaran, saya memilih pilihan kartu kredit yang mengharuskan kita mencentang pilihan SBI-e-Pay. Ketika masuk akan ada pilihan visa atau mastercard, proses pembayaran akan sama seperti kita belanja online. Yang diminta seperti nomor kartu, nama pemegang kartu, sampai ke ccv dibelakang kartu kredit.
Informasi granted akan diterima lewat e-mail
Setelah mengisi semua data dan yakin --seyakin diriku padamu*, selanjutnya seperti pada belanja online umumnya, kita akan diminta kode transaksi secure 3d yang akan dikirim ke nomor yang sudah kita daftarkan pada bank penyedia kartu kredit. Tinggal masukan kode angka yang terkirim dan done, email akan dikirim pihak imigrasi India bukti data kita sudah dalam proses.

Keenam, Print Status
Keesokan harinya, setelah saya mengisi dan melakukan pembayaran, ada email masuk dari kedutaan. Buseeet, semalam bikin paginya langsung dapat konfirmasi kalau visa saya sudah sukses disetujui.  Kalau saja tak lagi berada di kantor, pasti sudah meloncat jingkrak-jingkrak pas dapat email balasan dari kedutaan India ini.
Isi disini setelah status granted sudah diterima
Setelah dinyatakan granted, kita harus kembali lagi ya ke situs awal biar tak dianggap kacang lupa kulitnya #eh. Setelah masuk menu awal, kemudian pilih menu visa status atau visa status enquiry, masukkan aplication id dan nomor passport kemudian klik check status. Setelah status keluar, silahkan pilih menu print status dan print hasilnya.
Hasil setelah di print status
Itu aja yang kita perlukan untuk mengurus E-Tourit Visa atau E Visa untuk ke India, barusan ada temanku yang buat granted, dan ternyata sekarang sudah bisa dapat yang Double Entry, wow makin dipermudah buat warga Indonesia untuk mengunjungi India. Ngomong-ngomong untuk panduan lengkap cara pengisian formnya dapat dilihat di blog temanku ini disini

Dont stop dreaming because everything comes from dream.

11 comments:

  1. Cieeh yg mo ke India. Lemaklaaaaa. Aku siriiiik hahaha

    Omnduut.com

    ReplyDelete
  2. bagus infonya .. siapa tahu saya juga bisa ke india .. sudah ngerti apa saja yang mesti dilakukan untuk urus visa :)

    ReplyDelete
  3. ku juga H2C waktu ngurusin visa online untungnya lancar jaya. aman sentosa. jangan lupa beli buku panduan ke India ya hehehe The Best Of India

    ReplyDelete
    Replies
    1. India is awesome, bakal balik lagi kesana

      Delete
  4. Mau tanya mas, ini jadi kita tinggal bawa aja ya print visanya pas ke india? Kalo misalkan masuknya lewat jalur darat dari nepal kira kira aman aja ga yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman mas, yang penting sudah print duluan

      Delete
  5. Wah, sudah melancong ke india aja. Kok nggak ajak ajak seeh..#akukanmaujuga..

    ReplyDelete